RDV @ Facebook
Silahkan Klik iklan sponsor kami untuk mensupport web server kami - Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Anda - Klik iklan sponsor Kami untuk menyumbang Rp.100,- ke saudara kita yang tak mampu, Terima Kasih. Saat ini telah terkumpul dana Rp.7.500,-

Rumah Tropikal Natural-Ekspos bata dilereng bukit

Warna dan karakter material menyatu dengan lingkungan nan alami. Dari teras belakang pemandangan alam mejadi terlihat indah.


Yayak Adrianto dan Silvia Rethy Manahan amat menyukai batu bata. Bagi kedua nya, bata memiliki kesan natural, hangat dan membangkitkan kesan antusias. Kesan-kesan ini menurut mereka, bakal sekain kuat jika ditunjang dengan kekuatan alam lingkungan. Keindahan bata dan kekuatan lingkungan yang menawan pun dikemas dalam sebuah rumah impian mereka.
Rumah tersebut terletak di tebing yang memiliki view Semarang nan indah. Lingkungan sekitas masih terlihat asli. Kondisi ini dipertahankan, ketika membangun, potensi lahan diperlakukan sangat hati-hati. Desain hunian bergaya tropis natural yang dipertimbangkan dengan matang.
Tak hanya tampilan luar, ekspos batu bata merah pun diaplikasikan pada interior rumah. Beda nya bata dalam bangunan berbalur cat putih. Aplikasi nya mengingatkan kembali akan dinding bata rumah zaman dulu, dinding bata tanpa plester dan aci semen. Finishing nya hanya laburan kapur putih. Putih membuat interior terlihat bersih dan lapang. Pilihan warna ini juga menghasilkan kesan kontras antara dinding dengan elemen kayu penghias bagian dalam bangunan.


3 TAHAP percantik bata ekspos
Rumah ini mengkombinasikan dua warna bata yakni warna merah dan putih. Aplikasi nya rapi, warna nya pun alami. Anda bias mengaplikasikan nya dengan tahapan berikut ini;
  1. Batu bata dipasang dengan pola susunan bata biasa. Nat dibuat lebar, 15mm. Perekat nya campuran semen pasir.
  2. Setelah bata kering, dinding diberi lapisan anti air (water proof). Waterproofing bertujuan untuk menutup pori-pori bata sehingga permukaan nya lebih kuat, rapat dan tak rembes air. Untuk bata ekspos yang nantinya dicat merah, seluruh permukaan nya, termasuk nat dilabur adonan semen campur waterproofing abu-abu. Untuk bata ekspos yang nantinya berwarna putih dilabur dengan campuran semen-waterproofing  warna putih.
  3. Lakukan pengecatan
  • -    Untuk memperoleh bata ekspos warna merah bata alami, cat dibuat sendiri dengan cara menumbuk halus batu bata dan campurkan dengan cairan waterproofing bening. Warna asli bata sangat berpengaruh dengan warna cat nanti nya. Bata terakota menghasilkan warna cat merah, sedangkan yang kecoklatan akan menghasilkan warna cat merah yang lebih gelap (kecoklatan)
  • -    Anda bisa mengkombinasikan kedua warna itu. Misal nya cat warna merah sebagai warna dominan bata ekspos, sedangkan yang kecoklatan sebagai aksen. Laburkan cat hanya pada permukaan batu bata, sehingga tidak menutup nat yang sebelum nya telah dilabur semen dan waterproofing abu-abu.
  • -    Untuk bata ekspos warna putih, bata cukup dilabur cat dinding warna putih yang dicampur waterproofing bening. Cat dilaburkan ke seluruh permukaan bata, termasuk kebagian nat dinding.
RDV Arsitek melayani : • Design Interior Rumah • Engineer Design• Architect Design• Project Manager• Home & Property Design• Furniture Apartement, kami memberikan solsi terbaik dalam : • Membangun dan Merenovasi Rumah tinggal • Desain Arsitektur, Gambar Kerja, Gambar 3D, Animasi• Rencana Anggaran RAB & Konsultasi• Pengawasan bangunanTel. + 62 711 3272856 HP. + 62 817 538810 http://www.rdvarsitek.com admin@rdvarsitek.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda

 

Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template