RDV @ Facebook
Silahkan Klik iklan sponsor kami untuk mensupport web server kami - Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Anda - Klik iklan sponsor Kami untuk menyumbang Rp.100,- ke saudara kita yang tak mampu, Terima Kasih. Saat ini telah terkumpul dana Rp.7.500,-

Rumah Renovasi- Kiat Jitu Mengolah Material Bekas

Semua material bekas diolah kembali. Hasil renovasi rumah menjadi tambah menawan.
 
Merenovasi rumah akan menghasilkan sejumlah "sampah". "Sampah-sampah" itu berupa pagar atau teralis yang tak terpakai lagi, atau kayu-kayu bekas pintu dan kusen, yang entah akan dibuang kemana.
Jangan terburu-buru membuang semua material tersebut, siapa tahu Anda bisa mengikuti jejak Sigit Antoro dalama memanfaatkan kembali material bekas itu menjadi sesuatu yang baru dan berguna.
Sigit merenovasi rumah nya itu memiliki tiga kamar tidur, garasi, dapur, ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar pembantu. Setelah renovasi, satu kamar tidur dihilangkan, dan menambah teras belakang. Luas dapur pun dikurangi dari 12 m2 menjadi 7,5 m2. Jadi jika biasa nya merenovasi itu menambah luas bangunan, yang ini malah mengurangi nya. Dari luas bangunan yang sebelum nya 90 m2, sekarang hanya 65 m2.
Sebelum direnovasi, atap pelana dan atap carport jadi elemen yang menonjol membentuk wajah fasad. Jendela-jendela nya dilengkapi teralis, kusen dan pintu pun memakai bouvenlicht. Sekarang pagar besi, teralis dan bouvenlicht dihilangkan.
Tampak depan bangunan menjadi bergaya kontemporer dengan permainan bidang dinding sebagai elemen dekoratif dan penghalang pandangan. Jalan menuju pintu masuk utama juga diolah, dilengkapi taman dan kolam.
Pemilik nya tidak membuang begitu saja pintu pagar dan teralis yang sudah tak dipakai tadi. Bekas pintu pagar sebagian dipasang diatas area terbuka kamar mandi sebagai penutup. Sebagian lagi dipasang diatas jalan masuk menuju carport, sebagai tempat rambatan pohon. Sementara besi bekas teralis jendela digunakan sebagai rangka untuk rambatan pohon didepan pintu masuk utama.
Kusen, pintu dan jendela-jendela lama yang kualitas kayu nya masih bagus dipisahkan satu-persatu. Dari kayu itulah nantinya akan dibuat desain pintu dan jendela yang baru ditambah apabila kita menambahkan kombinasi kaca untuk tampilan lebih menarik.

Tips Untuk Anda
Memilih dan Memanfaatkan Barang Bekas
Ada tiga hal penting yang harus dicermati sebelum memanfaatkan barang sisa, yaitu :
  1. Perhatikan model atau bentuk barang tersebut, apakah sesuai dengan konsep desain yang kita kehendaki atau tidak? Apakah masih bisa kita pakai dengan melakukan modifikasi atau tidak?
  2. Untuk barang yang terbuat dari kayu, yang terpenting adalah mencermati bahan dasarnya. Pilihlah yang kualitas kayunya masih bagus. Masalah pada lapisan luarnya masih bisa diatasi dengan finishing ulang.
  3. Pada saat proses perencanaan, sebaik nya Anda sudah mempertimbangkan ada nya kemungkinan pemakaian barang bekas, termasuk alokasi penempatan nya.

RDV Arsitek melayani : • Design Interior Rumah • Engineer Design• Architect Design• Project Manager• Home & Property Design• Furniture Apartement, kami memberikan solsi terbaik dalam : • Membangun dan Merenovasi Rumah tinggal • Desain Arsitektur, Gambar Kerja, Gambar 3D, Animasi• Rencana Anggaran RAB & Konsultasi• Pengawasan bangunanTel. + 62 711 3272856 HP. + 62 817 538810 http://www.rdvarsitek.com admin@rdvarsitek.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

 

Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template