RDV @ Facebook
Silahkan Klik iklan sponsor kami untuk mensupport web server kami - Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Anda - Klik iklan sponsor Kami untuk menyumbang Rp.100,- ke saudara kita yang tak mampu, Terima Kasih. Saat ini telah terkumpul dana Rp.7.500,-

Rumah Mungil – tak pernah pengap walau kecil

Letak massa mengikuti tapak, semua ruangan inti berada di sisi timur. Hampir setengah dari total tapak berfungsi sebagai lahan hijau terbuka.
LB / LT : 65m2 / 90m2
 
DERETAN TIGA KAMAR TIDUR di lantai atas memiliki view lahan hijau taman samping. Setiap pagi cahaya matahari masuk menembus hingga ke setiap kamar. Lorong disebelah kamar mengalirkan angin segar ke dalam kamar dan ruang-ruang di bawahnya. Udara panas dalam ruang pun terdorong keluar melalui cerobong di ujung lorong.
Bangunan linear yang membujur dari utara ke selatan ini menyisakan celah lahan pada sisi timur. Dari sisi inilah cahaya matahari masuk menerangi interior rumah pada siang hari. Sisa lahan di sisi timur ini pun sekaligus berfungsi sebagai area hijau seluas 22m2 yang ditanami rumput. Harga sebuah kenyamanan terbayar, sebanding dengan ada nya lahan hijau ini. Ruang-ruang didalam pun menjadi lebih sejuk.
Lokasi rumah di Jakarta, jelas membuat suhu udara panas tetap terasa. Lokasi nya saja sudah memiliki suhu 350C. Jadi, wajar saja jika suhu ruangan pun tak jauh dari kisaran suhu lingkungan itu, meski setiap ruang dibuka selebar-lebar nya.
Untuk mengatasi hal tersebut, dinding bangunan yang menempel pada dinding tetangga diubah menjadi cerobong sebagai jalan keluar angin. Ini membuat ruang-ruang didalam rumah memiliki udara yang bersirkulasi. Salah satu sisi cerobong ini berakhir di pojok ruang keluarga. Wujud nya berupa sebuah ruang keci yang menerus keatas berukuran 75cm x 160cm. Fungsi nya untuk mengalirkan angin ke atas.
Dengan desain bersirkulasi udara baik, meski lahan kecil, rumah ini memperoleh limpahan cahaya matahari dan udara yang selalu mengalir. Rumah pun jadi tak pernah pengap.

 
Menyiasati LAHAN TERBATAS
Masalah ang seringkali ditemukan pada rumah-rumah metropolitan adalah semakin minim nya luas kaveling. Masalah ini sebetul nya bisa ditanggulangi dengan cara;
  1. Tentukan letak massa bangunan. Carilah letak dan pembagian ruang yang paling efisien.
  2. Efisienkan jalur sirkulasi, misalnya dengan mengalokasikan area servis di depan untuk mengurangi gerak sirkulasi dari depan ke belakang.
  3. Manfaatkan jalur sirkulasi ganda sekaligus sebagai ruang beraktivitas. Disamping itu, yang tak kalah penting adalah membangun kenyamanan didalam rumah. Langkah yang bisa kita lakukan yaitu;
  • Memperhitungkan kebutuhan ruang gerak minimal sesuai dengan ergonomi.
  • Perlu diterapkan sistem ventilasi silang untuk udara dan cahaya.
  • Menerapkan konsep ruang terbuka.
Tips Untuk Anda
  • Bukaan dapat menjadikan ruangan selalu dibanjiri udara dan cahaya. Namun bukaan juga dapat membuat masalah, seperti menjadi jalan masuk serangga, atau hewan perusak lainnya. Untuk mengatasinya, pasang kasa nyamuk di balik jalusi atau bukaan lain yang mengalirkan udara.
  • Buat bukaan udara atau matahari pada setiap ruangan. Bukaan diarahkan ke timur untuk memperoleh cahaya pagi. Bukaan pada sebuah koridor dapat ditempatkan pada bagian ujung.
RDV Arsitek melayani : • Design Interior Rumah • Engineer Design• Architect Design• Project Manager• Home & Property Design• Furniture Apartement, kami memberikan solsi terbaik dalam : • Membangun dan Merenovasi Rumah tinggal • Desain Arsitektur, Gambar Kerja, Gambar 3D, Animasi• Rencana Anggaran RAB & Konsultasi• Pengawasan bangunanTel. + 62 711 3272856 HP. + 62 817 538810 http://www.rdvarsitek.com admin@rdvarsitek.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

 

Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template