RDV @ Facebook
Silahkan Klik iklan sponsor kami untuk mensupport web server kami - Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Anda - Klik iklan sponsor Kami untuk menyumbang Rp.100,- ke saudara kita yang tak mampu, Terima Kasih. Saat ini telah terkumpul dana Rp.7.500,-

Kolam Teras -Teduh & Tetap Jernih

Kolam ini sebagai solusi untuk taman yang tidak mendapat sinar matahari langsung. Ruang luar makin sejuk, suasana pun kian tenang

Taman  rumah Anda tertutup pohon besar serta atap teras dan atap carport ? karena kurang sinar matahari langsung, area ini tak akan menampilkan taman hijau dengan hamparan rumput. Bagaimana solusi nya?
Anwar Mustaha mengubahnya menjadi sebuath kolam. Awalnya, halaman ini ditanami rumput dengan pepohonan seadanya. Setelah beberapa lama, hamparan rumput itu tak kunjung lebat dan hijau. Berkali-kali ditambah, berkali-kali juga jenis rumput diganti, dari rumput jepang sampai rumput gajah, tapi hasil nya tetap tak memuaskan. Bahkan halaman ini sering becek dan terlihat jorok.
Kolam bukanlah bagian dari sebuah taman hijau, tapi kolam lah yang menjadi “taman” itu. Memenuhi area berukuran 3m x 4m, kolam menjadi salah satubagian dari ruang luar, disamping teras dan carport.
Desain kolam dibuat sederhana saja. Ketiga sisinya menggunakan tembok dengan lapisan susunan batu candi, dinding keempat pada sisi luar menempel pada pagar rumah, dibuat bergaris-garis yang mengalirkan air. Lantai kolam cukup dilapis plester-aci dan waterproofing.
Ditengah nya terdapat pohon mangga arumanis yang sudah tumbuh besar. Pohon tidak ditebang, tapi dibiarkan tumbuh. Sekeliling area berukuran 1m x 1m itu diberi tembok pembatas dengan tinggi diatas permukaan kolam.
Air kolam tampak senantiasa bersih dan jernih, ini berkat saringan air yang baik dan ada tambahan filter lainnya. Nama nya bioball. Filter ini akan menggambang di permukaan air dan menyaring kotoran terakhir sebelum air mengalir ke kolam. Bioball dikenal pula dapat menahan bakteri hingga air kolam tidak berjamur.
Kolam dihiasi dengan pancuran air dari batu yang diletakkan di salah satu sudut. Sementara diatas salah satu pojok kolam diberi tanaman dalam pot, salah satu jenis nya adalah tanaman pengusir nyamuk, zodia. Ikan koi dan ikan-ikan kecil berwarna tampak menjadi pengisi kolam

Tips Untuk Anda
-    Kolam ikan hias sangat tergantung pada sirkulasi air, maka perlu minimal satu mesin pompa sirkulasi air berkekuatan minimum 100watt.
-    Jika air kolam ingin tetap bersih, buat bak filter dengan empat bilik, jangan lupa menambahkan nya dengan bioball, plastik-plastik penyaring air dan penahan lumut. Bioball ini biasa nya banyak dijual pada toko ikan hias dalam bentuk kantong (100 buah)
-    Perhatikan pembuangan air kolam atau saluran penguras kolam. Letakkan di area yang lebih rendah, dan tutup lubang pembuangan serapat mungkin.
-    Hindari pengurasan air kolam yang terlalu sering, karena bisa jadi tidak bagus untuk kehidupan ikan-ikan yang ada pada kolam tersebut.
-    Pilih batu alam yang kuat dan tidak cepat berlumut untuk bahan pelapis dinding kolam, seperti paras bali atau batu candi. Batu alam yang cuma indah tampilan nya, seperti palimanan tak cocok untuk dinding kolam.
-    Tempatkan lampu-lampu di area yang akan menonjolkan keindahan kolam, seperti yang mengarah ke ari mancur dan pepohonan air
-    Jika lampu dibawah kolam cukup mahal, pilih lampu pijar biasa yang diletakkan di dinding atas kolam dengan kap yang mengarah ke air.
RDV Arsitek melayani : • Design Interior Rumah • Engineer Design• Architect Design• Project Manager• Home & Property Design• Furniture Apartement, kami memberikan solsi terbaik dalam : • Membangun dan Merenovasi Rumah tinggal • Desain Arsitektur, Gambar Kerja, Gambar 3D, Animasi• Rencana Anggaran RAB & Konsultasi• Pengawasan bangunanTel. + 62 711 3272856 HP. + 62 817 538810 http://www.rdvarsitek.com admin@rdvarsitek.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

 

Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template