RDV @ Facebook
Silahkan Klik iklan sponsor kami untuk mensupport web server kami - Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Anda - Klik iklan sponsor Kami untuk menyumbang Rp.100,- ke saudara kita yang tak mampu, Terima Kasih. Saat ini telah terkumpul dana Rp.7.500,-

Carport-Jajaran Beton Pelindung Mobil

Balok beton bukan hanya untuk konstruksi bangunan tinggi. Ditambah besi dan polikarbonat, balok beton dapat menjadi konstruksi kantilever untuk carport.

Membangun carport dengan konstruksi kantilver menjadi impian IBN Banjar, pemilik rumah di kawasan Graha Cinere, Depok. Ia terkesima dengan konstruksi beton yang hanya di jepit oleh satu tiang, sementara tiang lain nya dibiarkan bebas. Namun disisi lain, ia juga khawatir kalau ujuang balok beton yang tak ditopang itu ambruk sehingga menimpa mobil nya.
Tak mau mengambil resiko seperti itu, ia pun membuat konstruksi kantiliever cor beton dengan empat pondasi setempat (umpak) sebagai penahan sekaligus penyalur beban tiang dan balok. Kedalaman galian fondasi 100cm dan lebar 90cm. Prinsip nya fondasi harus ditempatkan pada muka tanah keras.
Fondasi ini dihubungkan dengan sloff yang berperan sebagai pengikat fondasi dan tiang. Sloof harus diangker pada fondasi nya dengan besi berdiameter 12mm. Pembuatan fondasi dan sloof menggunakan tulangan berdiameter 16mm dan cor beton.
Setelah itu, pemasangan tiang dan balok beton.
Setelah itu pemasangan tiang dan balok beton yang besi nya sudah dirangkai. Masing-masing berjumlah empat buah sesuai dengan jumlah fondasi nya. Penghubung tiang dan balok menggunakan besi beton berdiameter 16mm.
Besi-besi ini di ikatkan pada bagian tengah tiang dan bagian tengah balok. Teknik ini untuk menyeimbangkan beban balok agar tidak melendut. Disamping itu juga untuk mengantisipasi sambungan tiang dan balok agar tidak mudah retak atau patah akibat beban beton yang berat.
Tiang dan balok dibungkus dengan papan dan kaso untuk proses pengecoran. Pada cetakan beton untuk tiang dan balok itu dipasangkan rangka kayu sementara sebagai penopang beban. Rangka itu akan dilepas jika cor beton mengering dan siap pakai.
Selanjutnya, rangka besi hollow yang sudah dicat ditempelkan pada balok beton dengan dinabolt agar tidak mudah goyah diterpa angin. Diatas besi hollow ditempatkan polikarbonat yang transparan. Bahan tipis ini memudahkan sinar matahari menerangi bagian bawah carport.

Tips Untuk Anda
- Buat tali air dengan mencoak bagian tengah balok. Tebalnya cukup 1-3cm untuk menempatkan polikarbonat atau kaca. Coakan juga memudahkan pemilik untuk mengganti polikarbonat yang rusak.
- Bentuk carport disesuaikan dengan arsitektur rumah. Kesesuaian nya dapat diwujudkan dengan membuat kesamaan bentuk dominan, bahan dan warna.
- Jika ingin menggunakan kayu reng sebagai pengganti besi hollow, sebaik nya perhatikan cara pemasangan. Buat garis pada bagaian badan kayu reng sebelum dipaku. Cara ini untuk menghindari kayu pagar tidak mudah pecah.
 RDV Arsitek melayani : • Design Interior Rumah • Engineer Design• Architect Design• Project Manager• Home & Property Design• Furniture Apartement, kami memberikan solsi terbaik dalam : • Membangun dan Merenovasi Rumah tinggal • Desain Arsitektur, Gambar Kerja, Gambar 3D, Animasi• Rencana Anggaran RAB & Konsultasi• Pengawasan bangunanTel. + 62 711 3272856 HP. + 62 817 538810 http://www.rdvarsitek.com admin@rdvarsitek.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

 

Jasa Konsultasi Arsitek dan Desain Interior Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template